Research Repository

PENGARUH PENDEKATAN VISUAL THINKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 13 SIMPANG GAMBUS

Show simple item record

dc.contributor.author SYAHFITRI, CHAIRINA
dc.date.accessioned 2022-10-24T04:58:04Z
dc.date.available 2022-10-24T04:58:04Z
dc.date.issued 2022-10-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18878
dc.description.abstract Skripsi ini membahas tentang pengaruh pendekatan visual thinking pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika kelas V SD Negeri 13 Simpang Gambus. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh pendekatan visual thinking pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas V SD Negeri 13 Simpang gambus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan visual thinking pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan koneksi matematika kelas V SD negeri 13 Simpang Gambus. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu siswa kelas VA yang berjumlah 30 siswa, dan siswa kelas VB yang berjumlah 30 siswa, jadi populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa.Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pendekatan visual thinking dan variabel terikat (Y) adalah kemampuan koneksi matematika pada siswa. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan tes berupa tes kemampuan pemahaman terkait dengan kemampuan koneksi matematika siswa. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t test yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis diperoleh pendekatan visual thinking mempunyai nilai signifikan sebesar 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa apabila nilai signifikansi < 0,05 maka hasilnya Ha diterima atau terdapat adanya pengaruh pendekatan visual thingking terhadap kemampuan koneksi matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh rata-rata berfikir kreatif siswa eksperimen (pendekatan visual thinking) adalah sebesar 95. Sedangkan nilai rata-rata kemampuan koneksi matematika kelas kontrol (konvensional) sebesar 72. en_US
dc.subject pendekatan pembelajaran en_US
dc.subject visual thinking en_US
dc.subject kemampuan koneksi matematika en_US
dc.title PENGARUH PENDEKATAN VISUAL THINKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 13 SIMPANG GAMBUS en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account