Abstract:
Skripsi ini membahas tentang pengaruh pendekatan visual thinking pada
pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika
kelas V SD Negeri 13 Simpang Gambus. Rumusan masalah dalam penelitian ini
yaitu bagaimana pengaruh pendekatan visual thinking pada pembelajaran
matematika terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas V SD Negeri
13 Simpang gambus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pendekatan visual thinking pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan
koneksi matematika kelas V SD negeri 13 Simpang Gambus.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi
dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu siswa kelas VA yang berjumlah
30 siswa, dan siswa kelas VB yang berjumlah 30 siswa, jadi populasi dalam
penelitian ini berjumlah 60 siswa. Teknik sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini berjumlah
60 siswa.Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pendekatan visual
thinking dan variabel terikat (Y) adalah kemampuan koneksi matematika pada
siswa. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan tes
berupa tes kemampuan pemahaman terkait dengan kemampuan koneksi
matematika siswa. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus
uji-t test yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji
homogenitas.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis diperoleh pendekatan
visual thinking mempunyai nilai signifikan sebesar 0,000. Maka dapat
disimpulkan bahwa apabila nilai signifikansi < 0,05 maka hasilnya Ha diterima
atau terdapat adanya pengaruh pendekatan visual thingking terhadap kemampuan
koneksi matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan
diperoleh rata-rata berfikir kreatif siswa eksperimen (pendekatan visual thinking)
adalah sebesar 95. Sedangkan nilai rata-rata kemampuan koneksi matematika
kelas kontrol (konvensional) sebesar 72.