Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahya kemampuan membaca
Alquran siswa di MTs Al-Washliyah Pancur Batu. Analisis Penerapan Metode
Tulis Baca Al-Quran bertujuan untuk mengetahui Perencanaan, penerapan, dan
evaluasi dalam Analisis Penerapan Metode Tulis Baca Alquran. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian kualitatif deksriptif yakni kegiatan yang mencari kebenaran dari
suatu abjek yang dilakukan dalam kondisi ilmiah. Teknik pengumpulan data yang
digunakan nerupa teknik observasi, wawancara (interview) serta dokumentasi.
Tahapan analisis data dalam penelitian ini berupa deduksi data, penyajian data,
verifikasi data. Hasil penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,
penerapan, dan evaluasi dari Program Tulis Baca Alquran. Dari hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa Analisis Tulis Baca Alquran di MTs Al-Washliyah
Pancur Batu cukup baik. Dalam kaitannya dengan Metode Tulis Baca Al-Quran
terhadap peserta didik serta peran kepala sekolah dan guru Tulis Baca Al-Quran
dapat memberikan kontribusi yang besar dalam rangka untuk meningkatkan
prestasi peserta didik dalam hal membaca Alquran dengan tartil maupun dengan
lagu tilawah serta mengkualitaskan bacaan Alquran mereka sesuai dengan kaidah
tajwid.