Abstract:
Konsumen dalam memutuskan pembelian dipengaruhi oleh beberapa variabel
antara lain kualitas pelayanan, harga dan promosi, untuk itu dibutuhkan suatu
penelitian seberapa besar pengaruh variable-variabel tersebut terhadap
penggunaan transportasi online inDriver. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan
transportasi online indriver, pengaruh harga terhadap keputusan penggunaan
transportasi online indriver, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
promosi terhadap keputusan penggunaan transportasi online indriver dan secara
simultan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi
terhadap keputusan penggunaan transportasi online indriver di kota Medan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif dan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UMSU
stambuk 2018 pengguna transportasi online inDriver. Dengan jumlah sampel 100
orang menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data melalui angket
(kuesioner) dan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda serta
pengolahan data menggunakan software SPSS versi 23.00. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan
penggunaan transportasi online indriver, ada pengaruh harga terhadap keputusan
penggunaan transportasi online indriver, ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap
keputusan penggunaan dan secara simultan ada pengaruh promosi, harga dan
kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan transportasi online indriver.
Nilai R-Square sebesar 0,806 atau 80,6% menunjukkan kontribusi promosi, harga
dan kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan transportasi online indriver
dan sisanya 19,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.