Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah masih ada peroblematika dalam
minat belajar anak di SMP Persatuan Amal Bakti 15 Medan terhadap pelajaran
pendidikan agama islam. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan
peneliti, salah satu penyebabnya adalah rendahnya minat belajar siswa terhadap
pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam, untuk
mengungkapkan faktor-faktor pendukung dan penghambat minat belajar siswa
serta untuk menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi
faktor penghambat minat belajar tersebut. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Responden dalam penelitian ini yaitu berjumlah 2 orang yang ada kriteria yang
sudah di jelaskan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa faktor pendukung minat belajar siswa adalah motivasi
belajar siswa, adanya arahan dan dorongan belajar yang diberikan oleh guru,
lingkungan belajar yang tenang, dan perlengkapan belajar yang lengkap.
Sedangkan faktor penghambat minat belajar siswa yaitu kondisi kelas yang
ramai, siswa memiliki kesibukan sendiri pada saat guru menjelaskan materi
dan siswa yang tidak memiliki kesiapan untuk belajar dalam perlengkapan
belajarnya tidak lengkap. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi faktor
penghambat minat belajar adalah guru memberikan motivasi kepada siswa saat
pelajaran akan dimulai serta arahan dan dorongan pada saat pembelajaran
sedang berlangsung.