Research Repository

STRATEGI GURU TAHSIN DALAM PENINGKATAN KUALITAS BACAAN AL-QURAN MAHASISWA MA’HAD ABU UBAIDAH

Show simple item record

dc.contributor.author FADILLA, LIDYA
dc.date.accessioned 2022-10-22T08:44:23Z
dc.date.available 2022-10-22T08:44:23Z
dc.date.issued 2022-10-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18842
dc.description.abstract Agama islam sangat menganjurkan ummatnya untuk membaca Al-Quran dengan makharijal huruf yang tepat sesuai hijaiyah dan kaidah ilmu Tajiwid. Dalam islam Ilmu tajwid memiliki kedudukan yang tinggi dan mulia, karena ia Al-Qur’an dapat dibaca dengan tata cara yang benar. Penelitian ini dilaksanakan untuk: (1) mengetahui kualitas Mahasiswa Ma’had Abu Ubaidah dalam membaca Al-Quran, (2) Strategi Guru Tahsin dalam Peningkatan Kualitas bacaan Al-Quran Mahasiswa Ma’had Abu Ubaidah, dan (3) Faktor yang mempengaruhi kualiats Mahasiswa Ma’had Abu Ubaidah dalam membaca Al-Quran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan penelitian ini digolongkan kedalam penelitian deskripstif kualitatif. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Proses belajar mengajar Al-Quran di Ma’had Abu Ubaidah dimulai dengan guru yang memulai belajar mengajar dengan berdoa kemudian mengabsen para peserta didik untuk menyetorkan bacaan hafalan Al-Quran, kesulitan melafalkan huruf hijaiyah sesuai dengan atribut yang dilampirkan pada huruf tersebut. Strategi yang digunakan guru adalah dengan mengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuannya dalam membaca Al-Qur'an dengan menggunakan strategi sorogan yaitu bacaan klasikal individu. Klasikal baca simak dan guru mentalaqqikan huruf yang masih salah sampe peserta didik bisa melafazkannya dengan benar. en_US
dc.subject Strategi Guru Tahsin en_US
dc.subject Kualitas en_US
dc.subject Baca Al-Quran en_US
dc.title STRATEGI GURU TAHSIN DALAM PENINGKATAN KUALITAS BACAAN AL-QURAN MAHASISWA MA’HAD ABU UBAIDAH en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account