Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Murottal,
dan bagaimana upaya penanggungjawab (Dalam hal ini Peneliti) dalam meningkatkan
kualitas baca Al-Quran siswa kelas VII di SMP IT Nurul Azmi Medan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian lapangan dan penelitian ini digolongkan kedalam penelitian deskripstif
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan Tes
dan wawancara.
Dalam mengimplementasikan Metode Murottal di sekolah SMP IT Nurul Azmi Medan
siswa kelas VII terdiri dari 4 tahap pembelajaran, yaitu tahap persiapan pembelajaran,
tahap Muraja’ah, tahap kegiatan pembelajaran, dan tahap evaluasi. Dalam Metode Murottal
ini sebelum proses pembelajaran berlangsung diadakan Muraja’ah hafalan lama secara
bersama-sama dan disimak oleh guru. Kemudian mentalaqqikan / mentahsinkan terlebih
dahulu, dan tahap selanjutnya yaitu hasil berupa peningkatan dari metode Murottal tersebut,
kemudian penutupan pembelajaran secara bersama-sama.
Disini saya melakukan dua siklus penilaian, dan membandingkan hasil dari kedua
siklus tersebut dan Alhamdulillah ada peningkatan, dan itu dibuktikan dengan adanya
peningkatan nilai pada siswa.