Abstract:
Pembelajaran masih berjalan dengan satu arah, dimana guru menjelaskan dan
siswa hanya mendengarkan dan mencatat. Penggunaan media di SD Negeri
106812 Bandar Klippa pada kelas III belum cukup efektif. Kurangnya
pemahaman konsep siswa pada proses pembelajaran di SD Negeri 106812 Bandar
Klippa. Media pembelajaran dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman konsep
pada siswa. Mengetahui pemahaman konsep pada siswa dengan adanya
pengembangan media flipchart. Untuk mengetahui tingkat kevalidan,kepraktisan
dan keefektivan media flipchart dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa
kelas III SD Negeri 106812 Bandar Klippa. Penelitian Research and Development
(RnD) ini dilaksanakan di SD Negeri 106812 Bandar Klippa. yang menjadi
populasi adalah siswa kelas III SD Negeri 106812 Bandar Klippa Tahun ajaran
2021-2022, dengan jumlah peserta didik 30 Orang. Setelah melakukan
pengembangan media sesuai dengan metode Penelitian R&D (resech and
developmend) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji
keefektivan, kepraktisan dan kevalidan produk atau media yang dikembangkan
yaitu media flipchart untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas III SD
Negeri 106812 Bandar Klippa pada pembelajaran tematik. Dari hasil
pembelajaran aktivitas siswa diperoleh bahwa siswa telah mengalami
peningkatan, dimana pada kemampuan pre test da post test dapat kita lihat bahwa
peningkatan hasil belajar yang sangat signifikan naik. Peneliti menyarankan untuk
peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan media flipchart dengan variasi variasi lain untuk menghasilakan media yang lebih baik serta lebih menarik
sehingga membuat siswa lebih aktif lagi dalam belajar. Setelah pengembangan
media flipchart ini, akan ada lagi media-media pembelajaran yang lain untuk
mengembangkan pendidikan dan merubah suasana kelas agar tidak monoton.