Abstract:
Radio RAU 105 FM Padangsidimpuan didirikan Sejak 28 Desember
1994 di Kota Padangsidimpuan Sumatera Utara. Kehadiran radio – radio swasta
lainnya di Kota Padangsidimpuan menjadikan Radio RAU 105 FM
Padangsidimpuan harus terus berinovasi untuk dapat bersaing memperebutkan
pengiklan. Kehadiran pengiklan menjadi sumber utama dalam berjalannya roda
perusahaan. Untuk mendapatkan pengiklan, maka perlu adanya strategi
komunikasi pemasaran yang tepat guna menarik sebanyak – banyaknya calon
pengiklan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengelolahan
program Radio RAU FM Padangsidimpuan dalam menarik minat pemasang iklan.
Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
metode deskriptif menggunakan beberapa langkah yaitu: observasi dan
wawancara. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Radio RAU 105 FM
Padangsidimpuan menggunakan model Three Ways Strategy untuk mendapatkan
pengiklan. Di mulai dengan pertama, Pull Strategy yaitu Pihak Radio RAU 105
FM Padangsidimpuan akan mendiskusi yang matang oleh manager dan agar
penyiarnya di luncurkan program menarik agar pendengar setia, membuat
jaringan teknik yang bagus dan jangkaun yang luas serta bekerja sama dengan
pemerintah dengan dinas-dinas atau instansi pemerintah untuk menjadikan Radio
RAU 105 FM Padangsidimpuan menjadi radio lokal. Kedua, Push Strategy atau
strategi mendorong yaitu dengan mempertahankan program-program yang banyak
jumlah pendengarnya, hal ini karena program-program yang memiliki jumlah
pendengar yang banyak sangat membuat para pengiklan baik yang baru maupun
yang lama tertarik untuk terus beriklan di Radio RAU 105 FM Padangsidimpuan
serta bonus posting iklan di 5 (lima) media sosial milik Radio RAU 105 FM
Padangsidimpuan di setiap program juga menjadi faktor pendorong para
pengiklan tersebut. Ketiga, Pass Strategy atau strategi menjaga hubungan baik.
Pada proses ini radio tidak lagi mengincar profit, tetapi lebih kepada menciptakan
opini publik yang baik dan terus membangun citra agar mendapatkan value lebih
dengan cara mengadakan acara sosial, radio juga terus menjaga hubungan baik
dengan para pengiklan, menghormati kontrak iklan dan terus berupaya untuk
memberikan program – program yang berkualitas untuk para pendengar.