Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
e-service quality terhadap repurchase intention pelanggan e-commerce shopee
dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada mahasiswa fakultas
ekonomi dan bisnis UMSU di masa pandemi covid-19. Pendekatan penelitian yang
digunakan oleh peneliti adalah penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang bertujuan
untuk mencari hubungan antara dua variabel atau lebih untuk melihat ada atau
tidaknya pengaruh berdasarkan data yang sistematis. Populasi dalam penelitian ini
sebanyak 840 orang yang merupakan mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis
UMSU, sedangkan sampel dari penelitian ini ditetapkan menggunakan teknikslovin
dengan kelonggaran 10% dan digenapkan menjadi 90 responden. Hasil pengujian
menggunakan Partial Least Square (PLS) disimpulkan tidak terdapat pengaruh
langsung antara e-service quality terhadap repurchase intention, kemudian terdapat
pengaruh langsung dan positif antara e-service quality terhadapkepuasan pelanggan,
pada variabel kepuasan pelanggan terdapat pengaruh langsungdan positif antara
kepuasan pelanggan terhadap repurchase intention, selanjutnya variabel kepuasan
pelanggan berperan dalam mengantarai atau memediasi hubungan antara e-service
quality terhadap repurchase intention.