Research Repository

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 LAWE SIGALA-GALA KABUPATEN ACEH TENGGARA TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author ROSALINA
dc.date.accessioned 2022-10-22T02:00:32Z
dc.date.available 2022-10-22T02:00:32Z
dc.date.issued 2022-09-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18782
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Seberapa besar Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Scientific Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara Tahun Ajaran 2022/2023, (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Pembelajaran Scientific dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara Tahun Ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Scientific Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan jenis penelitian regresi linear sederhana. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes yang digunakan sesuai dengan tujuan kurikulum yang dicapai. Jenis penelitian ini menggunakan Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan tes esai yang berjumlah 10 transaksi, serta angket yang berjumlah 15 item pernyataan. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran scientific terhadap hasil belajar siswa pada indikator pencatatan transaksi ke dalam jurnal umum pada perusahaan jasa. Untuk hasil perhitungan Uji-t hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,606 > 1,697) dan nilai signifikansi sebesar 0,001, yang berarti kurang dari 0,05 (0,001 < 0,05). Pengaruh Variabel X terhadap variabel Y masuk kategori Cukup. Hal ini ditunjukkan dengan di peroleh angka Coefisien Determinasi sebesar 31,7% dan sisanya 68,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti lebih lanjut. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. en_US
dc.subject Pendekatan Pembelajaran Scientific en_US
dc.subject Hasil Belajar Ekonomi en_US
dc.title PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 LAWE SIGALA-GALA KABUPATEN ACEH TENGGARA TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account