Abstract:
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode 4T+1M pada pembelajaran Tahfizh Qur‟an di MTs. Darul Ulum Budi Agung Medan. Metode 4T+1M diterapkan agar memudahkan peserta didik dalam membaca dan menghafal Al-Qur‟an.
Jenis penelitiannya adalah kualitatif dengan pendekatan field research, penelitian ini memperhatikan proses dan pristiwa yang sedang berlangsung di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan menggunakan empat tahapan yaitu kondensasi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber datanya yaitu data primer merupakan data yang didapat secara langsung dari sumber data pertama yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru tahfidz, dan siswa. sumber data sekuneder, yang berasal dari dokumen lama atau tata usaha MTs. Darul Ulum Budi Agung Medan.
Hasil dari penelitiannya adalah penerapan metode 4T+1M pada mata pembelajaran tahfizh qur‟an di MTs. Darul Ulum Budi agung awalnya dilakukan rapat khusus kepala sekolah dengan guru-guru, membahas bagaimana penerapan metode 4T+1M dalam membaca dan menghafal Al-Quran. Setelah guru-guru setuju dengan penerapan metode 4T+1M ini, maka barulah metode ini dilakukan pada mata pembelajaran tahfizhul qur‟an di MTs. Darul Ulum Budi Agung Medan. Penerapan metode 4T+1M dimulai dari kegiatan muroja‟ah pada saat apel pagi bersama-sama, dan dengan didampingi oleh salah satu guru. Kemudianpenerapan metode 4T+1M dilanjutkan dikelas oleh guru tahfizhul qur‟an. Dengan menerapkan metode ini diharapkan peserta didik dapat mencapai target hafalannya. Dan bagi guru juga diharapkan memberikan motivasi kepada peserta didik agar siswa konsisten dalam menghafal Al-Qur‟an.