Research Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PAIRED STORRYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SDN 104255 PALUH SIBAJI

Show simple item record

dc.contributor.author ELITA, NUR
dc.date.accessioned 2022-10-14T08:58:54Z
dc.date.available 2022-10-14T08:58:54Z
dc.date.issued 2022-10-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18746
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan metode pembelajaran dalam kegiatan belajar yang menyebabkan siswa merasa bosan di dalam kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 104255 Paluh Sibaji sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran Paired IV SDN 104255 Paluh Sibaji. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SDN 104255 Paluh Sibaji kelas IV C yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunankan instrumen lembar observasi guru dan siswa, tes lisan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil lembar observasi siswa siklus I, diketahui rata-rata hasil lembar observasi siswa sebesar 67,48. Hasil nilai pre test yaitu dengan rata rata sebesar 36,06. Kemudian hasil nilai post test pada siklus I diketahui nilai tertinggi sebesar 75 dan nilai terendah 53, dengan rata-rata sebesar 66,13. Siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 18 siswa (58,06%) sedangkan yang tidak mencapai nilai KKM sebanyak 13 siswa (41,49)%. Hal ini belum mencapai indikator keberhasilan belajar secara klasikal yaitu 75%. Kemudian hasil lembar observasi siswa pada siklus II meningkat dengan rata-rata sebesar 78.22. Hasil nilai post testpada siklus II sudah memenuhi indikator keberhasilan belajar secara klasikal dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 64, dengan rata-rata sebesar 77,55. Siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 26 siswa (83,88%) sedangkan yang tidak mencapai nilai KKM sebanyak 5 siswa (16,12%). Dapat di simpulkan bahwa ada peningkatan dari siklus I ke siklus II, artinya keterampilan berbicara siswa Kelas IV C SDN 104255 menggunakan Metode Pembelajaran Paired Storrytelling mengalami peningkatan. en_US
dc.subject Keterampilan Berbicara Siswa en_US
dc.subject Metode Paired Storytelling en_US
dc.title PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PAIRED STORRYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SDN 104255 PALUH SIBAJI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account