Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Optimalisasi Metode Muraja'ah Pada
Program Tahfiz Qur'an Di MTS Al Washliyah 30 Pematang Guntung Kabupaten Serdang
Bedagai dan untuk mengetahui Kendala-Kendala yang dihadapi MTS Al Washliyah 30
Pematang Guntung dalam mengoptimalkan Metode Muraja’ah. Penelitian ini dirancang dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data meliputi 3 hal, yakni:
Teknik analisis data penafsiran data dalam penelitian ini mengikuti kondensasi data, penyajian
data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sekolah
MTS Al Washliyah 30 Pematang Guntung pada Program Tahfiz Qur’an telah melakukan
pengoptimalan metode muraja’ah pada siswa-siswi dengan baik. Optimalisasi metode muraja’ah
yang dilakukan oleh guru-guru dengan berbagai cara, yaitu pertama, menyetorkan hafalan baik di
dalam kelas maupun diluar kelas. Kedua, membacakan kembali hafalan yang sudah dihafalkan,
dan ketiga, memberikan tugas hafalan dirumah.