Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan
pembelajaran aqidah akhlak dan bagaimana metode pembiasaan dan dakwah dalam
pembentukan karakter, faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran aqidah
akhlak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik
analisis data dengan cara pengolahan data dan analisis data, yaitu analisis data lapangan.
Hasil dari penelitian ini meliputi (1) Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di
Madrasah Aliyah Aisyiyah Binjai dilakukan dengan baik sesuai dengan kurikulum yang
berlaku dengan mengacu pada RPP yang digunakan yaitu meliputi kegiatan pembukaan,
inti dan penutup. (2) Metode pembiasaan dan dakwah sudah berjalan dengan baik dengan
menerapkan metode pembiasaan yaitu dengan membiasakan sifat-sifat baik sehingga
peserta didik terbiasa dengan akhlak dan karakter yang baik. Sedangkan metode dakwah
juga dapat membuat peserta didik untuk lebih baik lagi dalam pembelajaran. (3) Faktor
pendukung dalam implementasi pembelajaran aqidah akhlak adalah orang tua. Sedangkan
faktor penghambat adalah kurangnya dukungan dari orang tua terhadap pendidikan
peserta didik dan ekonomi keluarga yang tidak stabil. (4). Pengaruh Implementasi Metode
pembiasaan dan dakwah dalam pembelajaran akidah akhlak adalah membawa pengaruh
yang baik yaitu peserta didik lebih disiplin dan giat dalam belajar, hormat dan santun
kepada guru dan orang tua, membiasakan diri untuk mematuhi peraturan yang ada di
madrasah dan tidak ditemukan lagi peserta didik yang berkelahi.