Abstract:
Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengembangkan LKPD berbasis Discovery Learning pada pembelajaran tematik materi ekosistem di kelas V SDN 025281 Binjai Utara untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dan untuk mengetahui perubahan perilaku peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis Discovery Learning pada pembelajaran tematik dikembangkan dengan 6 tahapan diantaranya yakni : (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba pemakaian. Penelitian ini menghasilkan LKPD berbasis Discovery Learning pada pembelajaran tematik pada materi ekosistem. Hasil validasi terhadap LKPD berbasis Discovery Learning pada pembelajaran tematik yang telah dirangkai selanjutnya di ukur kevalidan dan kepraktisannya. rata-rata 94% untuk ahli materi, dan 74% untuk ahli desain LKPD. artinya LKPD berbasis Discovery Learning pada pembelajaran tematik berada pada kategori valid. Hasil kepraktisan LKPD berbasis Discovery Learning pada pembelajaran tematik untuk respon guru diperoleh nilai rata-rata 93% dan untuk respon peserta didik diperoleh nilai rata-rata 85%. artinya LKPD berbasis Discovery Learning berada pada kategori praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Discovery Learning pada materi ekosistem sebagai sumber belajar di sekolah dasar telah dinyatakan valid dan praktis.