Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran sehingga siswa kurang menstimulus kemampuan berpikir kritisnya dalam proses pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SD Swasta Al-Ulum Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Swasta Al-Ulum Medan kelas IV yang berjumlah 147 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan lembar tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyrat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent t-test) diperoleh hasil nilai signifikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SD Swasta Al-ulum Medan. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran problem based learning di kelas eksperimen yaitu 82,52. Sedangkan siswa di kelas kontrol rata-rata (mean) tanpa diberikan model pembelajaran problem based learning yaitu 70,62. Sehingga siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran problem based learning.