Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan mengemukakan pendapat siswa dengan menerapkan model pembelajaran think pair and share pada pembelajaran ekosistem kelas V SD Negeri 101771 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan, Untuk mengetahui kemampuan mengemukakan pendapat siswa dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran ekosistem kelas V SD Negeri 101771 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan, dan Untuk mengetahui pengaruh kemampuan mengemukakan pendapat siswa dengan menerapkan model pembelajaran think pair and share pada pembelajaran ekosistem kelas V SD Negeri 101771 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101771 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran think pair and share lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan pembelajaran think pair and share yaitu 85,76 dibandingkan 54,48. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa yang menggunakan model pembelajaran think pair and share yaitu 92. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa tanpa menggunakan pembelajaran think pair and share yaitu 60. Dari penelitiantersebut, diperoleh bahwa terdapat perbedaan pada penggunaan strategi pembelajaran think pair and share dan tanpa menggunakan model pembelajaran think pair and share ini dibuktikan oleh hasil Nilai signifikan (2-tailed) 0,000 < ɑ 0,05. Kemudian thitung 26,732 > ttabel 1,674 Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Adanya pengaruh pembelajaran think pair and share terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran ekosistem SD Negeri 101771 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan.