Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan agen dalam meningkatkan nasabah asuransi syariah pada PT. Asuransi Jasindo Kantor Pemasaran Medan. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi dan wawancara kespada agen asuransi di PT. Asuransi Jasindo Syariah Kantor Pemasaran Medan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa agen sangat berperan penting dalam meningkatkan nasabah asuransi syariah. Salah satu cara yang dilakukan seorang agen asuransi selaku sumber daya manusia yaitu dengan menawarkan produk secara langsung pada masyarakat atau konsumen terutama bagi masyarakat yang belum paham terhadap jasa asuransi. Namun, para agen di Jasindo Syariah masih banyak mengalami kesulitan saat menarik nasabah asuransi yaitu banyaknya persaingan sesama asuransi di wilayah Medan. Sedangkan untuk mengatasinya, agen asuransi harus meningkatkan kualitas dan kuantitas produk asuransi syariah karena hal tersebut penilaian dari masyarakat. Sehingga semakin bagus reputasi asuransi syariah maka daya tarik minat masyarakat terhadap produk asuransi syariah pada PT. Asuransi Jasindo syariah Kantor Pemasaran Medan meningkat.