Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh trend
pembelajaran berbasis best practice Massive Open Online Course (MOOC)
terhadap Wawasan Kebangsaan di Sekolah Dasar Negeri 067256 Kecamatan
Medan Marelan pada masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian Quasi Experimental Design . Populasi penelitian adalah seluruh
pserta didik kelas IV di SD Negeri 067256 Medan Marelan. Sampel berjumlah 64
peserta didik (32 peserta didik kelas experiment dan 32 pserta didik kelas
kontrol). Penelitian ini dilakukan pada tanggal 15 Nopember 2021 di SD Negeri
067256 Medan Marelan. Varibel bebas pada penelitian ini adalah trend
pembelajaran berbasis Massive Open Online Course (Mooc) dan variabel terikat
adalah wawasan kebangsaan peserta didik. Teknik analisis data penelitian ini
adalah (1) uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas dan (2)
uji hipotesis berupa uji t-test. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test yang
didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu dengan uji normalitas dan uji
homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, trend pembelajaran berbasis
Massive Open Online Course (Mooc) berpengaruh terhadap wawasan kebangsaan
peserta didik kelas IV SD Negeri 067256 Medan Marelan. Hal ini terlihat dari
data analisis kuantitatif dengan uji hipotesis uji t-test menggunakan SPSS 25.0 for
windows. Data hasil uji t-test menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) = 0,000
dengan pengambilan keputusan jika signifikansi <0.05 maka H0 ditolak dan Ha
diterima.