Abstract:
Drama mini merupakan salah satu unsur karya sastra yang mempunyai pesan yang bernilai positif yang diambil maknanya untuk menambah wawasan dan pengetahuan pendengar Radio Republik Indonesia Medan. Penelitian yang berjudul Analisis Nilai Edukatif Siaran Drama Mini di Radio Republik Indonesia Medan bertujuan untuk mengetahui Nilai edukatif dan nilai-nilai positif lainnya terhadap siaran drama mini di Radio Republik Indonesia Medan. Penelitian ini menggunakan Analisis untuk mencari nilai edukatif pada kejadian yang ada pada drama mini tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini adalah tim produksi siaran drama mini Radio Republik Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara yang mendalam dan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan menurut Teori Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini merupakan Siaran drama mini yang mempunyai nilai edukatif untuk mendidik dan memberikan informasi yang positif untuk pendengar di Radio Republik Indonesia Medan.