Abstract:
Perlunya perhatian terhadap generasi muda untuk meningkatkan karakter melalui
pendidikan. Dimana sekolah merupakan ranah yang bisa digunakan dalam
memperbaiki karakter siswa/i. oleh karena itu guru memiliki peran yang penting
dalam meningkatkan karakter nasionalime. Dimana terdapat nilai – nilai karakter
yang di jadikan acuan. Guru memiliki peran dalam mendidik dimana sebagai
berikut : Guru Sebagai Demonstrator, Guru Sebagai Pengelola Kelas,Guru
Sebagai Mediator, Guru Sebagai Fasilator, Guru Sebagai Evaluator, dan Guru
Sebagai Motivator. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan
untuk mengetahui Peran Guru PKn dalam meningkatkan karakter nasionalisme di
kelas XI SMA Yayasan Perguruan Umum Sentosa Tahun Ajaran 2021/2022 yang
berjumlah 69 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan
melakukan observasi terkait sekolah, wawancara terhadap guru, penyebaran
angket di kelas XI. Kemudia teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah dengan melakukan uji normalitas, dan uji Hipotesis. Pembahasan dan
terakhir Penarikan Kesimpulan dan Saran. Dari hasil analisis data ketika
dilakukan penyebaran angket ternyata peran guru pkn dalam meningkatkan
karakter di lakukan dengan di buatnya aturan di pertemuan pertama, dan peraturan
yang di buat seperti terkait tanggung jawab batas pengumpulan tugas dan sangksi
yang di dapat apabila tidak menyelesaikan tugas. Sehingga siswa/i berupaya untuk
menyelesaikan. Maka hal ini dapat dibuktikan melalui hasil uji yaitu nilai
signifikan peran guru PKn ( X ) 0,000 < 0.05 tetapi dalam nilai Thitung 3.723 (
Ttabel= 1, 995 )sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan
antara variabel independen terhadap variabel dependen.