Abstract:
Komunikasi terjadi dalam suatu situasi tertentu. Salah satunya adalah komunikasi organisasi. Pentingnya strategi komunikasi dalam organisasi agar semua rencana program kerja dapat dilakukan dengan baik guna mencapai tujuan yang diharapkan. Komunikasi yang baik akan akan mampu meningkatkan motivasi, sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan hal ini akan mampu meningkatkan kinerja serta kontrol kerja juga akan terlaksana dengan baik. PT. Perintis Perkasa merupakan perusahaan untuk melayani kebutuhan kendaraan Toyota di Medan, Sumatera Utara. Sebagai perusahaan besar, PT Perintis Perkasa berkewajiban untuk selalu prima dalam hal kinerja dan pelayanan pelanggan. Oleh karena itu, PT. Perintis Perkasa menyadari bahwa perlu adanya langkah nyata untuk meningkatkan motivasi dan semangat kerja antara karyawan dan pimpinan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi komunikasi organisasi dalam meningkatkan motivasi dan semangat kerja karyawan Toyota Perintis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan terhadap karyawan Department Sales Toyota Perintis. Hasil penelitian yang diperoleh dengan penarikan kesimpulan ini adalah strategi komunikasi organisasi yang terjalin dengan sangat baik antara karyawan dengan pimpinan. Proses komunikasi yang terjadi secara langsung dengan pimpinan menyebabkan peningkatan motivasi dan semangat kerja karyawan dalam bekerja sehari-hari. Hasil wawancara yang didapatkan oleh karyawan Toyota Perintis selaku narasumber adalah penyampaian informasi yang jelas dan sangat baik dari seorang pimpinan dapat meningkatkan motivasi dan semangat kerja karyawan.