Abstract:
Berdasarkan hasil observasi peneliti, Kelas X SMK PAB 2 Medan Helvetia, masih kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran akuntansi terkhusus pada materi bukti-bukti transaksi hal ini juga berdampak terhadap hasil belajar siswa yang masih rendah dan mengakibatkan siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran sehingga membuat aktivitas belajar siswa kurang optimal. Guru sebagai pendidik masih kurang menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan menjadikan siswa kurang responsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK PAB 2 Medan Helvetia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes.. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan uji paired simple test dengan uji beda. Hasil dari penelitian ini, yaitu: bahwa dari hasil pretes test yang telah diperoleh kelas kelas X SMK PAB 2 Medan Helvetia dengan nilai rata-rata sebesar 62.96 % dan nilai postes dengan rata-rata 80%. Perhitungan uji-t pada posttest thitung (74,940) > ttabel (47,899) yang artinya terdapat perbedaan rata-rata pada nilai postes dan pretest. Kenaikan pretest-posttest sebesar 17,04 yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima dan sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat peneliti buat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar pendidikan akuntansi siswa kelas X SMK PAB 2 Medan Helvetia T.P 2021/2022