dc.description.abstract |
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran
kontekstual dan problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal
cerita dan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan
menyelesaikan soal cerita, (2) pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap
pemahaman konsep matematis siswa, (3) pengaruh model pembelajaran problem
based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, (4) pengaruh
model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep
matematis siswa, (5) pengaruh model pembelajaran kontekstua dan model
pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal
cerita dan pemahaman konsep matematis siswa, (6) interaksi antara model
pembelajaran kontekstual dan problem based learning terhadap kemampuan
menyelesaikan soal cerita, (7) interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan
problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis
siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen: (1) tes
kemampuan awal matematika siswa, (2) tes kemampuan menyelesaikan soal cerita,
(3) tes pemahaman konsep matematis siswa. Data inferensial yang dilakukan
dengan menggunakan analisis multivariant (MANOVA). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara model pembelajaran kontekstual
terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita sebesar 0,031, (2) terdapat
pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis
siswa sebesar 0,019, (3) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based
learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita sebesar 0,020, (4) terdapat
pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman
konsep matematis siswa sebesar 0,013, (5) terdapat pengaruh model pembelajaran
kontekstua dan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan
menyelesaikan soal cerita dan pemahaman konsep matematis siswa sebesar 0,027,
(6) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan problem
based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, (7) terdapat
interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan problem based learning
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa |
en_US |