Abstract:
Volume lalulintas pada Ruas Jalan Iskandar Muda. mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan perkembangan yang sangat pesat pada daerah tersebut. Untuk mengatasi masalah kemacetan lalulintas pada Ruas Iskandar Muda, terlebih dahulu diperlukan pengetahuan mengenai karakteristik lalulintas dan model hubungan antara karakteristik tersebut. Kajian ini bertujuan mengetahui komposisi pada ruas jalan yang berkaitan dengan karakteristik Volume (Q), Kecepatan (V) dan Kerapatan (D), dengan menggunakan Metode Greenshields sesuai dengan batasan-batasan yang ada. Survei data meliputi volume dan kecepatan lalulintas dengan metode manual count. Kondisi Exsiting yaitu termasuk jalan lokal dengan panjang ruas jalan hingga ± 2100 m dengan lebar ± 6 meter yang terbagi menjadi 2/2 TT. Hasil analisis menggunakan Metode Greenshields menunjukkan bahwa Volume Tertinggi 2242 skr/jam, Volume maksimum (Qmax) 7351 skr/jam, Kecepatan Bebas (Vf) 20.29 km/jam, Kecepatan maksimum (Vm) 10.14 km/jam, Kerapatan maksimum (Dj) 724.64 smp/km, Koefisien Determinan (r2) 0.10 dan Metode Greenberg menunjukkan bahwa Volume Tertinggi 2242 skr/jam, Volume maksimum (Qmax) 5138 skr/jam, Kecepatan Bebas (Vf) 20.02 km/jam, Kecepatan maksimum (Vm) 10.01 km/jam, Kerapatan maksimum (Dj) 513.33 smp/km, Koefisien Determinan (r2) 0.10