Abstract:
Ayu Fitrianingsih, 1802090029. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V SDN 06 Panai Hulu”. Skripsi, Medan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang terampilnya siswa dalam berbicara dalam hal mengemukakan pendapat, dan kurang tepatnya guru dalam menerapkan model pembelajaran yang dapat melatih keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE). Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi nya adalah siswa kelas V SDN 06 Panai Hulu yang terdiri dari dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel jenuh. Variabel bebas adalah model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE), variabel terikat adalah keterampilan berbicara. Pengujian hipotesis menggunakan uji t (Independent Sampel T-Test), yang didahului dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan uji t mendapatkan nilai sig. 2-tailed sebesar 0,334. Berarti 0,334>0,05, maka H0 diterima . Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN 06 Panai Hulu.