Research Repository

PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN DISPOSISI MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI

Show simple item record

dc.contributor.author YUSN, HAFIZA
dc.date.accessioned 2022-07-25T01:55:29Z
dc.date.available 2022-07-25T01:55:29Z
dc.date.issued 2020-11-12
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18315
dc.description.abstract HAFIZA YUSNI. 1620070008. Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Spasial dan Disposisi Matematika Siswa SMA Negeri 1 Labuhan Deli. Tesis. Medan: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan spasial matematis, (2) pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap disposisi matematika siswa, (3) Interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan spasial matematis, dan (4) Interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap disposisi matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan awal matematika siswa (pretest) (2) tes kemampuan Spasial Matematika (postest), dengan pokok bahasan bangun ruang (3) angket disposisi matematikasiswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial. Analisis inferensial data dilakukan dengan two way anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan spasial matematis. Hal ini terlihat dari hasil two way anova dengan mengabaikan pengaruh KAM dari model terlihat bahwa angka signifikasi adalah 0,000. Angka 0,000 lebih kecil dari berarti ditolak, (2) terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap disposisi matematika siswa. Hal ini terlihat dari hasil two way anova dengan mengabaikan pengaruh KAM dari model terlihat bahwa angka signifikasi adalah 0,788. Angka 0,788 lebih besar dari berarti diterima, (3) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan model terhadap kemampuan spasiial matematis, dan (4) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan model pembelajaran terhadap disposisi matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar model Problem Based Learning pada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan spasial dan disposisi mateatika siswa sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif. en_US
dc.subject Model Problem Based Learning en_US
dc.subject Kemampuan Spasial Matematis en_US
dc.subject Disposisi Matematika Siswa en_US
dc.title PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN DISPOSISI MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account