dc.description.abstract |
HAFIZA YUSNI. 1620070008. Pengaruh Problem Based Learning terhadap
Kemampuan Spasial dan Disposisi Matematika Siswa SMA Negeri 1 Labuhan
Deli. Tesis. Medan: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan model
Problem Based Learning terhadap kemampuan spasial matematis, (2) pengaruh
yang signifikan model Problem Based Learning terhadap disposisi matematika
siswa, (3) Interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran
terhadap kemampuan spasial matematis, dan (4) Interaksi antara kemampuan
awal matematika dan model pembelajaran terhadap disposisi matematika siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan
terdiri dari: (1) tes kemampuan awal matematika siswa (pretest) (2) tes
kemampuan Spasial Matematika (postest), dengan pokok bahasan bangun ruang
(3) angket disposisi matematikasiswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan
menggunakan analisis inferensial. Analisis inferensial data dilakukan dengan two
way anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang
signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan spasial
matematis. Hal ini terlihat dari hasil two way anova dengan mengabaikan
pengaruh KAM dari model terlihat bahwa angka signifikasi adalah 0,000. Angka
0,000 lebih kecil dari berarti ditolak, (2) terdapat pengaruh yang
signifikan model Problem Based Learning terhadap disposisi matematika siswa.
Hal ini terlihat dari hasil two way anova dengan mengabaikan pengaruh KAM dari
model terlihat bahwa angka signifikasi adalah 0,788. Angka 0,788 lebih besar dari
berarti diterima, (3) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal
matematika siswa dengan model terhadap kemampuan spasiial matematis, dan (4)
tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan model
pembelajaran terhadap disposisi matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian
ini, maka peneliti menyarankan agar model Problem Based Learning pada
pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk
meningkatkan kemampuan spasial dan disposisi mateatika siswa sebagai salah
satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif. |
en_US |