Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem manajemen mutu,
peran kepemimpinan kepala sekolah dan layanan akademik guru terhadap prestasi
siswa di UPTD SD Negeri Se-Kecamatan Tanjung Tiram. Penelitian ini
menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menguji
hipotesis yang telah ditetapkan dan untuk menganalisis pengaruh variabel bebas
dengan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang
ada pada UPTD SD Negeri Se-Kecamatan Tanjung Tiram yang berjumlah 205
orang, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 67 guru. Dalam memperoleh
sampel yang cukup representatif, dalam penelitian ini digunakan teknik
proporsional random sampling karena setiap sekolah mempunyai jumlah guru
yang berbeda. Instrumen penelitian menggunakan angket yang terlebih dahulu
sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sistem manajemen mutu terhadap
prestasi siswa sebesar 23.2%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara
peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi siswa sebesar 18.9%. (3)
Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara layanan akademik guru terhadap
prestasi siswa sebesar 17.7%. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara
sistem manajemen mutu, peran kepemimpinan kepala sekolah, dan layanan
akademik guru secara bersama-sama terhadap prestasi siswa sebesar 54.5%.