Research Repository

Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorsmen terhadap Keputusan Pembelian Mie Sukses pada Mahasiswa Fakultas ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show simple item record

dc.contributor.author SIARA, PENAWAR
dc.date.accessioned 2022-06-21T07:08:33Z
dc.date.available 2022-06-21T07:08:33Z
dc.date.issued 2022-06-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18272
dc.description.abstract Keputusan pembelian merupakan suatu proses yang dilakukan konsumen untuk memenuhi kebutuhannya agar memperoleh kepuasan dengan nilai tertinggi. Pengambilan keputusan oleh konsumen untuk melakukan pembelian suatu produk diawali oleh adanya kesadaran atas pemenuhan kebutuhan dan keinginan. Konsumen dapat membuat keputusan ketika terdapat beberapa alternatif pilihan pembelian yang sesuai dengan persepsi, harapan, dan keyakinan terhadap suatu produk atau jasa. Keputusan pembelian dapat dilakukan karena adanya beberapa faktor, di antaranya adalah brand image dan celebrity endorser. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian mie suksess, untuk mengetahui pengaruh celebrity endorsmen terhadap keputusan pembelian mie suksess dan untuk mengetahui pengaruh brand image dan celebrity endorsmen secara simultan terhadap keputusan pembelian mie suksess pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU. Dengan jumlah sampel 96 orang dengan menggunakan rumus lemeshow. Teknik pengumpulan data melalui angket (kuesioner). Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan asumsi klasik, regresi linear berganda, Uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama brand image (X1) dan celebrity endorsmen (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menghasilkan perhitungan bahwa brand image dan celebrity endorsmen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mie sukses pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU. Hasil ini dapat dilihat dari uji Fhitung sebesar 747,069 dari tingkat signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil α = 0,05 dan juga brand image dan celebrity endorsmen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yang ditunjukkan oleh Adjust R-square yang diperoleh sebesar 0,941 (94,1%), menunjukkan 94,1% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel brand image dan celebrity endorsmen, atau secara praktis dapat dikatakan bahwa kontribusi brand image dan celebrity endorsmen terhadap keputusan pembelian adalah 94,1%, sisanya 5,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian ini ada pengaruh signifikan antara brand image terhadap keputusan pembelian mie sukses, ada pengaruh signifikan antara celebrity endorsmen terhadap keputusan pembelian mie sukses dan secara simultan ada pengaruh brsignifikan antara brand image dan celebrity endorsmen terhadap keputusan pembelian mie sukses. en_US
dc.subject Brand Image en_US
dc.subject Celebrity Endorsmen dan Keputuan Pembelian en_US
dc.title Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorsmen terhadap Keputusan Pembelian Mie Sukses pada Mahasiswa Fakultas ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account