Abstract:
Keputusan pembelian merupakan suatu proses yang dilakukan konsumen untuk
memenuhi kebutuhannya agar memperoleh kepuasan dengan nilai tertinggi.
Pengambilan keputusan oleh konsumen untuk melakukan pembelian suatu produk
diawali oleh adanya kesadaran atas pemenuhan kebutuhan dan keinginan.
Konsumen dapat membuat keputusan ketika terdapat beberapa alternatif pilihan
pembelian yang sesuai dengan persepsi, harapan, dan keyakinan terhadap suatu
produk atau jasa. Keputusan pembelian dapat dilakukan karena adanya beberapa
faktor, di antaranya adalah brand image dan celebrity endorser.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap
keputusan pembelian mie suksess, untuk mengetahui pengaruh celebrity
endorsmen terhadap keputusan pembelian mie suksess dan untuk mengetahui
pengaruh brand image dan celebrity endorsmen secara simultan terhadap
keputusan pembelian mie suksess pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
UMSU.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
UMSU. Dengan jumlah sampel 96 orang dengan menggunakan rumus lemeshow.
Teknik pengumpulan data melalui angket (kuesioner). Teknik analisa data dalam
penelitian ini menggunakan asumsi klasik, regresi linear berganda, Uji F dan
koefisien determinasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara
bersama-sama brand image (X1) dan celebrity endorsmen (X2) berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian.
Penelitian ini menghasilkan perhitungan bahwa brand image dan celebrity
endorsmen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mie sukses pada
mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU. Hasil ini dapat dilihat dari uji
Fhitung sebesar 747,069 dari tingkat signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil α =
0,05 dan juga brand image dan celebrity endorsmen berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian yang ditunjukkan oleh Adjust R-square yang
diperoleh sebesar 0,941 (94,1%), menunjukkan 94,1% variabel keputusan
pembelian dapat dijelaskan oleh variabel brand image dan celebrity endorsmen,
atau secara praktis dapat dikatakan bahwa kontribusi brand image dan celebrity
endorsmen terhadap keputusan pembelian adalah 94,1%, sisanya 5,9%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kesimpulan penelitian ini ada pengaruh signifikan antara brand image terhadap
keputusan pembelian mie sukses, ada pengaruh signifikan antara celebrity
endorsmen terhadap keputusan pembelian mie sukses dan secara simultan ada
pengaruh brsignifikan antara brand image dan celebrity endorsmen terhadap
keputusan pembelian mie sukses.