Abstract:
Pengetahuan tentang bahasa Arab adalah sarana untuk mendalami ilmu
agama Islam. Untuk dapat mengetahui ajaran agama Islam dengan baik adalah
menguasai bahasa Arab serta ilmu yang berhubungan dengan bahasa Arab.
Bahasa Arab memiliki fungsi yang istimewa dari bahasa-bahasa lain. Ia bukan
saja memiliki nilai- nilai sastra bermutu tinggi bagi mereka yang mengetahui dan
mendalaminya, akan tetapi juga sebagai bahasa al-qur’an. Mempelajari bahasa
Arab berarti mempelajari bahasa al-qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan
metode induktif dan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan,
dari makna itulah ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) pembelajaran bahasa Arab di
Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah Medan. Proses pembelajaran terdiri dari
perencanaan dan pelaksanaan. Metode yang sering digunakan oleh dosen adalah
metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Diakhir pembelajaran dosen selalu
memberikan motivasi dan mengevaluasi hasil belajar baik harian, tugas, UTS
maupun UAS,2). Problematika pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abu
Ubaidah bin Al Jarrah Medan adalah sebagai berikut: Mahasiswa terlalu sedikit
menghafal mufradat/kosa kata bahasa Arab, tidak menguasai ilmu alat seperti
ilmu nahwu dan sharaf, serta tidak ada keberanian mahasiswa untuk berbicara
dengan bahasa Arab.3).Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi
problematika tersebut dilakukan oleh beberapa pihak seperti mahasiswa dan
dosen.
Upaya yang diakukan mahasiswa adalah selalu bertanya kepada dosen
ataupun kawan tentang apa yang tidak dimengerti, memperbanyak menghafal
mufradat bahasa Arab serta mempraktekkan kosa kata yang telah dihafal,
mengikuti kegiatan belajar seperti ekstra kurikuler. Upaya yang dilakukan oleh
dosen yaitu: membuat suasana kelas yang menyenangkan, mewajibkan mahasiswa
untuk memiliki kamus bahasa Arab, terus memberi memotivasi kepada mahasiswa,
menumbuhkan perasaan cinta terhadap pembelajaran bahasa Arab, dosen selalu
menggunakan media dalam pembelajaran bahasa Arab, dosen membiasakan
menggunakan bahasa Arab dalam proses pembelajaran bahasa Arab sehingga
mahasiswa terbiasa menggunakan bahasa Arab, dosen mewajibkan mahasiswa
menghafal kosa kata bahasa Arab dikelas maupun diluar kelas