Research Repository

IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NO. 24 TAHUN 2013 TENTANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DALAM PELAYANAN DATA KEPENDUDUKAN DI DINAS CATATAN SIPIL DELI SERDANG

Show simple item record

dc.contributor.author KAMAL, SAMSUL
dc.date.accessioned 2022-06-17T01:37:58Z
dc.date.available 2022-06-17T01:37:58Z
dc.date.issued 2022-06-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18254
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Undanng-Undang No. 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan Dalam Pelayanan Data Kependudukan di Dinas Catatan Sipil Deli Serdang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis data kualitatif yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan, melukiskan keadaan sekitar dengan objek penelitian pada saat sekarangberdasarkan fakta-fakta. Penerapan Implementasi Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 perubahan atas Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan Dalam Pelayanan Data Kependudukan Di Dinas Catatan Sipil Deli Serdang dilapangan sudah berjalan namun untuk penerapan dimasyarakat dari hasil obeservasi belum berjalan maksimal hal ini dikarenakan masih adanya permainan pelayanan dengan menggunakan atau memanfaatkan jasa orang lain yaitu calo. Proses pelayanan asministrasi kependudukan yang diberikan oleh petugas dinas sudah berdasarkan pada prosedur kerja yang telah ditetapkan. Tetapi masih ada pelanggaran atas prosedur kerja yang telah ditetapkan. Hal ini salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengawasan melekat dari seorang pimpinan berdasarkan struktur organisasi kepada para bawahan. Prosedur Pelaksanaan dan Mekanisme Pengurusan Akta Kelahiran dan Akta Kematian Di Deli Serdang dimulai dari Mengisi Formulir (f-201), Fotocopy Surat Keterangan lahir dari Dokter/Bidan, Fotocopy Surat Nikah/ Akta Perkawinan bagi non muslim, Fotocopy Kartu keluarga, Fotocopy KTP Orang Tua/ Pelapor, Fotocopy Pasport/ Kitap/ Kitas bagi wargaa negara asing dan mengisi formulir (f2.04). Manfaat Pelayanan Data Kependudukan Yang Diberikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang yaitu berupa penerbitan administrasi kependudukan yang dibutuhkan masyarakat seperti, Pelayanan Penerbitan Kartu Keluarga (KK), Pelayanan Penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Pelayanan Surat Keterangan Pindah Domisili (SKPD), Akta Kelahiran, Pelayanan Penerbitan Kutipan Akta Kematian,Pelayanan Penerbitan Kutipan Akta Perkawinan, Pelayanan Penerbitan Kutipan Akta Perceraian, Pelayanan Pencatatan Perubahan Nama dan Pelayanan Pencatatan Perubahan Kewarganegaraan. en_US
dc.subject Administrasi Kependudukan dan Pelayanan en_US
dc.title IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NO. 24 TAHUN 2013 TENTANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DALAM PELAYANAN DATA KEPENDUDUKAN DI DINAS CATATAN SIPIL DELI SERDANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account