Abstract:
Pokok masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu; Pertama,
bagaimana proses Internaliasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di SMA
Muhammadiyah 1 Medan. Kedua, bagaimana pelaksanaan program malam
ibadah di SMA Muhammadiyah 1 Medan. Ketiga, apa faktor pendukung serta
penghambat pelaksanaan program malam ibadah di SMA Muhammadiyah 1
Medan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek
dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, serta
siswa siswi peserta malam ibadah SMA Muhammadiyah 1 Medan. Metode
pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara,
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan
metode non statistik yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Adapun validasi data menggunakan teknik
kredibilitas dengan strategi perpanjangan pengamatan, meningkatkan
ketekunan dan trigulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai pendidikan
agama Islam melalui program malam ibadah di SMA Muhammadiyah 1 medan
meliputi (1) SMA Muhammadiyah 1 Medan telah menginternalisasikan nilai nilai pendidikan agama Islam melalui program malam ibadah serta
kegiatannya berjalan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan yang telah
dibuat oleh pihak sekolah. (2) nilai nilai yang teinternalisasi dalam kegiatan
malam ibadah yakni nilai Aqidah, Syariah dan Akhlak . (3) Kegiatan malam
ibadah dan memberi dampak yang positif terhadap karakter peserta didik di
sekolah , serta mendapat dukungan yang baik dari para orang tua. Implikasi
penelitian ini yaitu kegiatan malam ibadah di SMA Muhammadiyah 1 Medan
telah berjalan dengan efektif dan memberi dampak yang baik terhadap
penanaman nilai agama Islam peserta didik. Diharapkan kepada pihak
sekolah konsisten melaksanakan dan melakukan evaluasi dalam rangka
meningkatkan kualitas program ekstrakurikuler untuk mendukung program
pendidikan Islam.