Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan
partisipatif, disiplin kerja, motivasi, terhadap kompetensi profesional guru di
SMP Swasta Budi Utomo Binjai. Sampel dalam penelitian yang dilakukan ini
adalah seluruh guru di SMP Swasta Budi Utomo Binjai berjumlah 53 orang.
Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai data primer kemudian hasil
datanya dianalisis menggunakan regresi berganda dengan melakukan uji
stimultan, uji determinasi, uji parsial dengan tingkat signifikan sebesar 5
persen (α=0,05) yang diolah dengan bantuan alat SPSS 22. Hasil dari
penelitian ini adalah adanya pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan
partisipatif, disiplin kerja, motivasi terhadap kompetensi profesional guru di
SMP Swasta Budi Utomo Binjai yang dilihat melalui hasil uji stimultan
dengan F hitung sebesar 11,534 dan nilai probabilitas atau p value =
0,000<0,05. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa kepemimpinan partisipatif
berpengaruh positif dan signifikan sebesar 0,000 dan t hitung sebesar 109,843,
disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikasi sebesar 0,000 dan t hitung
sebesar 117,936, motivasi berpengaruh positif dan signifikasi sebesar 0,000
dan t hitung sebesar 115,386.