Research Repository

PENGARUH PEMBERDAYAAN DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) SE-KECAMATAN NIBUNG HANGUS

Show simple item record

dc.contributor.author MAITA
dc.date.accessioned 2022-06-08T01:41:00Z
dc.date.available 2022-06-08T01:41:00Z
dc.date.issued 2022-04-16
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18223
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pemberdayaan dan Iklim Sekolah terhadap Efektivitas Sekolah Dasar Negeri (SDN) Se-Kecamatan Nibung Hangus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) Se-Kecamatan yang berjumlah 120 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Selanjutnya dilakukan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Hubungan variabel Pemberdayaan (X1) terhadap Efektivitas (Y) dalam bentuk persamaan regersi Y = 29,536+ 0,116 X1. Ini berarti bahwa jika Pemberdayaan meningkat sebesar 1 poin maka efektivitas akan meningkat sebesar 0,116 poin pada konstanta 29,536 maka Ha diterima dan Ho ditolak. (b) Bentuk hubungan variabel Iklim Sekolah (X2) terhadap Efektivitas (Y) dalam bentuk persamaan regersi Y = 4,712+ 0,593 X2. Ini berarti bahwa jika Iklim Sekolah meningkat sebesar 1 poin maka efektivitas akan meningkat sebesar 0,593 poin pada konstanta 4,712. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Pemberdayaan (X1) terhadap Efektivitas (Y), t-hitung = 3.141 dan t-tabel= 1.661 artinya thitung > ttabel = 3.141 > 1.661 dapat disimpulkan Ha Diterima dan H0 Ditolak. Iklim Sekolah (X2) terhadap Efektivitas (Y) t-hitung = 17.437 dan t-tabel= 1.661 artinya thitung > ttabel = 17,437 > 1.661 dapat disimpulkan Ha Diterima dan H0 Ditolak. Pemberdayaan (X1) dan Iklim Sekolah (X2) berpengaruh terhadap Efektivitas (Y) secara bersama-sama adalah signifikan yaitu hasil Uji. F tabel = 3,099 dan fhitung 153,206 fhitung > ftabel = 153,206 > 3,099. Berdasarkan dari hasil analisis tersebut, maka hasil dari uji t Variabel Pemberdayaan (X1) dan Iklim Sekolah (X2) terhadap Efektivitas (Y) mempunyai hubungan positif Ha diterima H0 ditolak. en_US
dc.subject Pemberdayaan en_US
dc.subject Iklim Sekolah en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.title PENGARUH PEMBERDAYAAN DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) SE-KECAMATAN NIBUNG HANGUS en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account