Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pemberdayaan dan Iklim
Sekolah terhadap Efektivitas Sekolah Dasar Negeri (SDN) Se-Kecamatan Nibung
Hangus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada pada Sekolah
Dasar Negeri (SDN) Se-Kecamatan yang berjumlah 120 orang. Metode
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Selanjutnya dilakukan uji validitas
dan reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda,
uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a)
Hubungan variabel Pemberdayaan (X1) terhadap Efektivitas (Y) dalam bentuk
persamaan regersi Y = 29,536+ 0,116 X1. Ini berarti bahwa jika Pemberdayaan
meningkat sebesar 1 poin maka efektivitas akan meningkat sebesar 0,116 poin
pada konstanta 29,536 maka Ha diterima dan Ho ditolak. (b) Bentuk hubungan
variabel Iklim Sekolah (X2) terhadap Efektivitas (Y) dalam bentuk persamaan
regersi Y = 4,712+ 0,593 X2. Ini berarti bahwa jika Iklim Sekolah meningkat
sebesar 1 poin maka efektivitas akan meningkat sebesar 0,593 poin pada
konstanta 4,712. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Pemberdayaan (X1) terhadap
Efektivitas (Y), t-hitung = 3.141 dan t-tabel= 1.661 artinya thitung > ttabel =
3.141 > 1.661 dapat disimpulkan Ha Diterima dan H0 Ditolak. Iklim Sekolah (X2)
terhadap Efektivitas (Y) t-hitung = 17.437 dan t-tabel= 1.661 artinya thitung >
ttabel = 17,437 > 1.661 dapat disimpulkan Ha Diterima dan H0 Ditolak.
Pemberdayaan (X1) dan Iklim Sekolah (X2) berpengaruh terhadap Efektivitas (Y)
secara bersama-sama adalah signifikan yaitu hasil Uji. F tabel = 3,099 dan fhitung
153,206 fhitung > ftabel = 153,206 > 3,099. Berdasarkan dari hasil analisis
tersebut, maka hasil dari uji t Variabel Pemberdayaan (X1) dan Iklim Sekolah
(X2) terhadap Efektivitas (Y) mempunyai hubungan positif Ha diterima H0
ditolak.