Abstract:
Pokok masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apa
saja strategi yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Kedua, bagaimana penerapan strategi dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Islam. Ketiga bagaimana evaluasi yang dilaksanakan dalam strategi
pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek
dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama islam, serta
siswa siswi SMA AL-Hidayah Medan. Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu dengan menggunakan metode non statistik yang meliputi
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun validasi data menggunakan teknik kredibilitas dengan strategi
perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran
Pendidikan Agama Islam : (a) perencanaan strategi: guru membuat RPP
menyesuaikan dengan silabus dalam pembelajaran. Penggunaan metode
pembelajaran berpusat melalui materi yang diajarkan oleh guru (b) Pelaksanaan
strategi: kegiatan pra-pembelajaran dilakukan dalam bentuk interaksi tanya
jawab. Interaksi selama pembelajaran, berbentuk pertukaran informasi atau
hubungan timbal balik antara guru kepada peserta didik.