Abstract:
Alat Pemadam Api Ringanatau Fire Extinguisher adalah alat yang
digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil. Alat
Pemadam Api Ringan (APAR) pada umumnya berbentuk tabung yang diisikan
dengan bahan pemadam api yang bertekanan tinggi. Dalam hal kesehatan dan
keselamatan kerja (K3), APAR merupakan peralatan wajib yang harus dilengkapi
oleh setiap perusahaan dalam mencegah terjadinya kebakaran yang dapat
mengancam keselamatan pekerja dan asset perusahaannya. Promosi yang dilakukan
PT. Zidan Teknik Multindo saat ini adalah promosi Personal Selling yaitu interaksi
antar individu, saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan
memperbaiki, menguasai, atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling
menguntungkan dengan pihak lain. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui
strategi komunikasi yang efektif dalam mempromosikan produk dimasa Covid-19
pada PT. Zidan Teknik Multindo. Penelitian skripsi ini menggunakan metode
kualitatif yang mendekripsikan PT. Zidan Teknik Multindo menganalisis
konsumen,mengidentifikasi peluang, menentukan target sasaran, mengembangkan
strategi penyampaian pesan, memilih media komunikasi dan mengetahui kebutuhan
konsumen, di masa pandemi dimasa Covid-19. Narasumber dalam penelitian ini
ialah para karyawan PT. Zidan Teknik Multindo yang terdiri dari 5 orang
diantaranya ialah 1 orang owner, 1 orang PR (Public Relation), 1 orang marketing
dan 2 orang admin. Berdasarkan wawancara Bersama dengan PT. Zidan Teknik
Multindo dalam mempromosikan sebuah produk dibutuhkan perencanaan dan
pengelolaan untuk mencapai tujuan. Strategi berfungsi sebagai petunjuk arah dan
menunjukkan bagaimana taktik operasionalnya dalam mencapai tujuan. Sebagai
usaha meningkatkan kualitas promosi yang menarik, maka dilakukan komunikasi
yang efektif, komunikasi efektif terjadi apabila pesan yang dikirim oleh
komunikator diterima dengan baik oleh komunikan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini ialah dengan metode kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian
ini ialah dengan mengumpulkan data wawancara dan dilanjutkan dengan
melakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan yang telah
dianalisis sebelumnya. Penelitian skripsi ini nantinya diharapkan kepada PT. Zidan
teknik multindo untuk terus memperluas dan menjaga strategi komunikasi efektif
dalam mempromosikan produk alat pemadam api dengan menggunakan media
maupun tatap muka. PT. Zidan teknik multindo untuk terus menjaga pelayanan
marketing kepada customer melalui media terkait dengan produk alat pemadam api
v
pada masa covid-19. PT. Zidan teknik multindo agar program public relation tetap
dijalankan sebagai mana mestinya untuk selalu memperhatikan planning dan
programming serta action dan communicating, serta strategi storytelling dalam
menjaga kerja sama dengan perusahaan lain sebagai saluran utama membuat
pemasaran lewat media social.