Abstract:
penelitian ini berlokasi di Jl. Sei Mencirim No. 60, Medan Krio.
Penelitian ini mengunakan metode kualitatif studi kasus, data yang dihasilkan akan
mengungkapkan fakta dilapangan yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif
dengan model analisis interaktif.
Hasil dari penelitian adalah belum adanya peningkatan keterampilan
percakapan yang signifikan pada siswa di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal
dengan menerapkan metode hiwar dalam pembelajaran bahasa Arab, dengan
penjelasan sebagai berikut:
1. Kegiatan pembelajaran yang dimulai dengan kegiatan pembuka, kegiatan inti,
dan kegiatan akhir,
2. Penyampaian mufradat dan hiwar secara terperinci dalam setiap kata dan
menjelaskan makna yang terkandung di dalamnya kepada seluruh siswa.
3. Penggunaan metode hiwar di SMA Muhammadiyah belum berhasil
meningkatkan keterampilan percakapan bahasa Arab siswa di sebabkan siswa
yang belum mengenal mufradat dan belum secara konsisten mempraktikkan
hiwar yang telah dipelajari dalam keseharian siswa.
4. Faktor yang mendukung penggunaan metode hiwar pada siswa di SMA
Muhammadiyah 18 Sunggal adalah minat siswa, buku ajar, dan pendidik yang
memahami bahasa Arab dengan baik. Adapun faktor penghambat penggunaan
metode hiwar adalah mufradat atau kosakata, kepercayaan diri siswa,
kurangnya tenaga pendidik dan lingkungan sekolah.