Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode muthala’ah pada
mata pelajaran bahasa arab siswa kelas IX di SMP IT Al-Jawahir. Fokus masalah yang akan
dikaji yaitu: 1) Bagaimana perencanaan metode muthala’ah pada mata pelajaran bahasa
arab di SMP IT Al-Jawahir. 2) Bagaimana pelaksanaan metode muthala’ah pada mata
pelajaran bahasa arab di SMP IT Al-Jawahir. 3) Bagaimana penggunaan metode
muthala’ah pada mata pelajaran bahasa arab di SMP IT Al-Jawahir. 4) Bagaimana evaluasi
dalam penggunaaan metode muthala’ah di SMP IT Al-Jawahir.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian
ini yakni, tahap pendahuluan (persiapan), pengembangan rancangan, dan pelaksanaan
penelitian. Objek penelitian ialah kepala sekolah, guru mata pelajaran bahasa arab dan
peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi : wawancara, observasi, dokumentasi dan
angket. Analisis data menggunakan yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Dari hasil peneltian ini diketahui bahwa penggunaaan metode muthala’ah pada mata
pelajaran bahasa arab siswa kelas IX di SMP IT Al-Jawahir meliputi: guru melakukan
perencanaan terlebih dahulu atau menyiapkan kerangka belajar dengan metode muthala’ah
pada mata pelajaran bahasa arab sebelum melakukan proses belajar mengajar. dan setelah
itu pelaksanaan pembelajaran bahasa arab dengan metode muthala’ah guru memilih salah
satu siswa untuk dijadikan alat atau contoh bagi siswa lainnya, dan guru bahasa arab tidak
hanya menggunakan siswa saja untuk dijadikan alat, akan tetap menggunakan alat lainnya
seperti infokus, atau lainnya. Guru melaksanakan pembelajaran dengan menyuruh siswa
untuk membaca bagian dari pembahasan baru. Dalam penggunaan metode muthala’ah pada
mata pelajaran bahasa arab yakni dengan Tajmi, yaitu membaca dengan melakukan terlebih
dahulu, menampilkan huruf-huruf terpisah, lalu siswa-siswa menyatukannya dalam bentuk
jumlah atau kalimat yang sempurna dan latihan membaca cepat. Kemudian dengan
muwa’imah/muwafiqah yaitu latihan dengan melakukan penglihatan dan membaca cepat dan
terakhir melakukan evaluasi dalam pembelajaran agar mengetahui hasil dari proses belajar
mengajar pada saat pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode muthala’ah
dengan melaksanakan kuis atau pertanyaan-pertanyaan tentang pembelajaran yang telah
dilakukan seperti: tebak arti, tanya jawab antar guru dan siswa dan juga melakukan ulangan
harian.