Abstract:
Penelitian ini dilakukan atas adanya permasalahan hasil belajar siswa dalam
proses belajar mengajar dan juga kurangnya penggunaan model dan media
pembelajaran oleh guru sehingga dapat berakibat pada hasil belajar siswa. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran dengan menggunakan
model TGT dan media ICT terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Swasta Fitria
Rahmah. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa
perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental
design yaitu dalam bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Instrument yang
digunakan adalah berbentuk test yang menyangkut pre-test dan post-test. Dari hasil
penelitian ini dapat dilihat peningkatan nilai belajar peserta didik dengan
menggunakan Subtema 1 (Komponen Ekosistem), maka disimpulkan bahwa
pembelajaran menggunakan model TGT berbasis ICT berpengaruh terhadap hasil
belajar siswa. Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh thitung = 3,641 dengan taraf
signifikan 0,05 dan dk n-2 = 28-2 = 26, maka diperoleh nilai ttabel = 2,048, sehingga
thitung = 3,641 > ttabel =2,048, ini menunjukan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat
pengaruh signifikan model TGT berbasis ICT terhadap hasil belajar siswa. Maka
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model TGT berbasis ICT terhadap hasil
belajar siswa kelas V SD Swasta Fitria Rahmah