Abstract:
Kemajuan digitalisasi saat ini menggeserkan fungsi radio sebagai media komunikasi
massa utama. Kehadiran Smartphone dengan banyak keunggulannya membuat
bertambahnya tugas radio yang sudah tersisihkan oleh televisi. Perlu dilakukannya
strategi program siaran yang tepat untuk membuat radio tetap mampu bertahan pada masa
saat ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi program siaran Radio
BBC (Bandar Bagan Citranuansa) 102,5 FM Bagan Batu untuk meningkatkann jumlah
pendengar dikalangan remaja. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat
deskriptif yaitu peneliti harus mendeskripsikan suatu obyek, fenomena, atau setting social
yang akan dituangkan dalam tulisan yang bersifat naratif. Objek penelitian ini yaitu Radio
BBC (Bandar Bagan Citranuansa) 102,5 FM Bagan Batu. Hasil penelitian menunjukan
bahwa dari 12 program siaran di Radio BBC (Bandar Bagan Citranuansa) 102,5 FM
Bagan Batu terdapat 3 program siaran memungkinkan untuk pendengar remaja.
Penggunaan strategi program yang dicetuskan oleh Peter Pringle yaitu perencanaan
program, produksi program, eksekusi program, pengawasan program dan evaluasi
program turut digunakan oleh Radio BBC (Bandar Bagan Citranuansa) 102,5 FM Bagan
Batu sebagai upaya meningkatkan pendengar program yang lebih baik lagi. Radio BBC
(Bandar Bagan Citranuansa) 102,5 FM Bagan Batu juga dalam melakukan strategi untuk
meningkatkan jumlah pendengar tidak hanya menggunakan strategi tersebut juga dengan
melakukan upaya lainnya seperti melakukan penentuan program, penjadwalan program,
promosi program, penentuan Informan.