Abstract:
PT. Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan satu- satunya perusahaan BUMN
milik pemerintah dibawah dinas perhubungan yang bergerak di jasa bidang
perkretaapian, Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease) membuat PT. Kereta Api
Indonesia (KAI) mengalami penurunan pendapatan karena sepinya penumpang.
Dampak tersebut menjadi tantangan bagi perusahaan PT. Kereta Api Indonesia
(KAI) dalam menghadapi situasi saat ini. Oleh karena itu PT. Kereta Api Indonesia
Divisi Regional 1 Sumatera Utara perlu melakukan strategi komunikasi pemasaran
yang lebih efisien untuk menarik minat penumpang. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam menarik
minat penumpang saat pandemi covid-19 pada PT. Kereta Api Indonesia Divisi
Regional 1 Sumatera Utara. Dalam penelitian ini Teori yang digunakan adalah
Teori Bauran Komunikasi Pemasaran (Marketing Mix). Metode dalam penelitian
ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis
data, mengelola, dan mendeskripsikan kata, menarik kesimpulan. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa Teori Bauran Pemasaran (marketing mix) sangat
berpengaruh dengan perusahaan dalam menarik minat penumpang menggunakan
jasa transportasi Kereta Api. Perusahaan melakukan strategi komunuikasi
pemasaran dengan melakukan promosi diskon harga tiket, sehingga penumpang
berminat untuk menggunakan jasa transportasi kereta api.