Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media E-learning
terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU.
Adapun masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah Situasi
pandemi Covid-19 membawa kemunduran di bidang pendidikan. Mahasiswa tidak
antusias dalam belajar karena merasa bosan di rumah saja. Hasil belajar
mahasiswa yang tidak sesuai dengan kemauan menyerap materi dari dosen.
Lokasi penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP
UMSU Medan tahun pembelajaran 2020-2021. Penelitian dilaksanakan pada
bulan April – Oktober 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU Medan T.P. 2020/2021
yang berjumlah 129 orang. Sedangkan sampel berjumlah 56 orang.
Untuk memperoleh data dan gambaran yang sebenarnya mengenai topik
penelitian ini, maka penulis memakai tes tertulis sebagai alat pengumpul data. Tes
tertulis adalah alat atau prosedur yang dipergunakan dalam rangka pengukuran
dan penilaian. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan regresi linier,
koefisien determinasi dan uji hipotesis.
Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa E-learning berpengaruh terhadap
hasil belajar mahasiswa di Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. Dari tabel r
Product Moment untuk dk = N-2 = 56-2 = 54 diperoleh rtabel = 0,222. Hipotesis
sebelumnya menyatakan: ”E-learning berpengaruh terhadap hasil belajar
mahasiswa di Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU.” Jadi, karena rxy
(0,7014) > rhitung (0,222) maka hipotesis diterima.