Abstract:
Penelitian ini dibuat sebagai bentuk analisis peran guru pendidikan agama Islam dalam
menanamkan nilai moderasi beragama sebagai bentuk pencegahan sikap intoleran,
radikalisme beragama kepada para siswa SMK Negeri 1 Panai Hilir, yang metupakan
generasi penerus bangsa agar memiliki pemahaman pemahaman yang moderat dalam
beragama,serta tidak mudah terpropokasi dalam isu yang mengatasnamakan agama.
Sehingga pendidikan formal menjadi tempat yang strategis untuk memberikan
pemahaman yang baik tentang agama rahmatanlil'alamin sehingga terciptanya sikap
toleran dan seimbang oleh karena itu tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui
internalisasi moderasi beragama di sekolah SMK Negeri 1 Panai Hilir, mendeskirpsikan
strategi guru dalam menginternalisasikan nilai moderasi Islam serta mengetahui
hambatan yang dialami guru dalam menanamkan nilai-nilai moderasi Islam. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif deskriftif. Hasil dari penelitian ini
Peneliti analisis guru guru yang mengutamakan musyawarah dan tidak membeda bedakan
siswa berdasarkan latarbelakangnya, adanya toleransi keberagamaan yang tinggi dan
saling menghargai serta adil dalam memberi hak-hak yang sama dalam peribadatan dan
memperingati hari-hari keagamaan kepada masing-masing agama antara agama Islam
dan agama nonmuslim dan memberikan tempat kerohanian bagi yang beragama Islam
maupun yang Kristen masing-masing agam diberi ruang dalam memeluk agamanya
masing-masing