Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada terdapat pengaruh
kompetensi pedagogik guru terhdap prestasi belajar siswa. Rumusan masalah
dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh antara kompetensi
pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek dari pada penelitian ini adalah siswa kelas
VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Teknik pengumpulan data penelitian yang
digunakan yaitu menggunakan angket dan dokumentasi, adapun analisis data
yang digunakan adalah analisis data kuantitaif dan teknis analisis data kuantitatif
dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang
didapatkan adalah (1) Hasil angket kompetensi pedagogik guru memiliki nilai
rata-rata 75.,41. (2) Nilai MID anak kelas VII di SMP Muhammadiyah memiliki
nilai rata-rata 69,55. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi
pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Muhammadiyah 57 Medan.