Abstract:
ujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sains
melalui pengamatan objek langsung pada anak kelompok B di RA Surayya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Sumber data utama penelitian adalah lembar observasi
kemampuan anak dan kemampuan guru. Subjek penelitian adalah 15 anak
kelompok B di RA Surayya Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil
penelitian dapat diketahui bahwa melalui pengamatan objek langsung dapat
meningkatkan kemampuan sains pada anak kelompok B di RA Surayya. Adanya
peningkatan tersebut diketahui dari tingkat keberhasilan tindakan dimana pada
kondisi sebelum dilakukan tindakan atau prasiklus kemampuan sains anak hanya
mencapai angka 16,67 % dengan kriteria sangat kurang. Kondisi tersebut berubah
setelah dilakukan kegiatan pengamatan objek langsung dimana tingkat
keberhasilan secara klasikal pada kemampuan sains anak mencapai angka 54,99
% dengan kriteria cukup, dan meningkat kembali pada tindakan siklus II dengan
angka 86,66 % dengan kriteria baik sekali.