Research Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Pengamatan Objek Langsung Pada Anak Kelompok B Di RA Surayya Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Yunilda
dc.date.accessioned 2020-03-03T13:51:32Z
dc.date.available 2020-03-03T13:51:32Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1812
dc.description.abstract ujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sains melalui pengamatan objek langsung pada anak kelompok B di RA Surayya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data utama penelitian adalah lembar observasi kemampuan anak dan kemampuan guru. Subjek penelitian adalah 15 anak kelompok B di RA Surayya Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui pengamatan objek langsung dapat meningkatkan kemampuan sains pada anak kelompok B di RA Surayya. Adanya peningkatan tersebut diketahui dari tingkat keberhasilan tindakan dimana pada kondisi sebelum dilakukan tindakan atau prasiklus kemampuan sains anak hanya mencapai angka 16,67 % dengan kriteria sangat kurang. Kondisi tersebut berubah setelah dilakukan kegiatan pengamatan objek langsung dimana tingkat keberhasilan secara klasikal pada kemampuan sains anak mencapai angka 54,99 % dengan kriteria cukup, dan meningkat kembali pada tindakan siklus II dengan angka 86,66 % dengan kriteria baik sekali. en_US
dc.subject Kemampuan en_US
dc.subject Pengamatan en_US
dc.subject Objek en_US
dc.subject Sains en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Pengamatan Objek Langsung Pada Anak Kelompok B Di RA Surayya Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account