Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang
efektif yang digunakan oleh Showroom Helux Center untuk meningkatkan nilai
jual produk Helux di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Manajer Marketing &
Supervisor Showroom Helux Center. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
strategi promosi Showroom Helux Medan dilaksanakan pada tempat-tempat
saluran distribusi yang menyediakan produk-produk Ocean, sedangkan promosi
Showroom Helux Medan lebih banyak dilakukan oleh perusahaan pemegang
merek atau prinsipal. Sedangkan untuk promosi yang menggunakan strategi bukan
harga atau non-price competition, Showroom Helux Medan sering ikut dalam
kegiatan pameran atau event promosi bekerja sama dengan pemilik merek atau
prinsipal. Komunikasi pemasaran dengan menggunakan personal selling amat
penting dilakukan karena personal selling bertanggung jawab atas produk yang
eksklusif utuk merek tertentu saja atau personal selling untuk produk yang mix
atau campuran semua barang. Personal selling sangat dibutuhkan dalam
mendukung komunikasi pemasaran karena adanya beberapa produk yang
dipasarkan memerlukan penjelasan dan peragaan gambar, foto, atau keterangan–
keterangan, informasi adanya produk baru, spek baru, keunggulan produk,
melakukan deal-deal dengan pelanggan, dan lain-lain